Senin, 13 November 2017

Cara Mengatasi Penyakit Vertigo Yang Mudah Dilakukan


Cara mengatasi penyakit vertigo - Vertigo berasal dari bahasa latin yaitu verto yang artinya gerakan berputar. Vertigo adalah bentuk sakit kepala dimana penderitanya mengalami persepsi gerakan yang tidak semestinya, seperti gerakan berputar dan melayang hal ini disebabkan oleh gangguan pada sistem vestibular. Vertigo seringkali dibarengi dengan gejala mual dan muntah serta menjadikan penderita susah untuk menjaga keseimbangan badan, dan menyebabkan penderita mengalami kesulitan berdiri atau berjalan.

Penyakit vertigo termasuk penyakit menengah maksudnya tidak parah juga tidak ringan. Apabila penyakit vertigo ini menyerang seseorang maka penderita tidak bisa melakukan aktivitas dan ini akan sangat mengganggu sekali.

Vertigo dibagi menjadi tiga tipe : Tipe pertama dikenal dengan objektif, dimana penderita merasa benda-benda disekitarnya jadi bergerak. Tipe ke dua dikenal dengan subjektif, dimana penderita merasa semua yang dilihat bergerak padahal yang dilihat itu sedang dalam keadaan diam.
Tipe ke tiga dikenal dengan pseudovertigo, dimana tipe ini penderita merasa ada sensasi gerakan berputar didalam kepalanya.

cara mengatasi penyakit vertigo
Penyakit vertigo dapat dialami oleh siapa saja, meskipun banyak orang yang sering  menganggap hal ini dengan biasa saja. Tetapi bila dibiarkan akan menjadi lebih parah dan akan berkelanjutan panjang.

Cara mengatasi penyakit vertigo sendiri sangat mudah, yaitu sebagai berikut :

1. Tetap tenang dan tidak usah panik, karena datangnya vertigo untuk menyerang seseorang tidak akan pernah menentu kapan waktunya. Maka posisi yang aman untuk mengatasi vertigo biasanya dengan posisi duduk atau berbaring agar penderita merasa lebih nyaman.

2. Setelah penderita sudah diposisi nyaman, maka cara mengatasi selanjutnya yaitu penderita harus menghirup udara yang segar dan baik.

3. Sesudah penderita merasa lebih baik, cara mengatasi vertigo juga bisa dengan melakukan posisi bungkuk. Dengan gerakan posisi membungkuk ini bisa membantu meringankan pusing kepala yang berputar pada saat terjadi vertigo.

4. Cara mengatasi penyakit vertigo selanjutnya yaitu dengan cara minum air putih yang banyak. Agar rasa pusing dikepala bisa segera berkurang bahkan menghilang. Selain itu air putih juga sangat bermanfaat bagi tubuh guna sebagai cairan yang bisa mengeluarkan zat-zat yang tidak bermanfaat di dalam tubuh.

5. Dan cara yang terakhir adalah istirahatlah yang cukup, jaga pola makan dan tidur lebih baik lagi agar serangan vertigo tidak kembali kambuh lagi. Dengan beristirahat sejenak juga akan membantu untuk memulihkan tubuh menjadi lebih baik lagi.

Serangan dari vertigo ini juga bisa bervariasi, mulai dari pusing biasa sampai pusing yang parah dan bisa sampai lama hilangnya. Vertigo juga bisa dibagi menjadi dua kategori, Dua kategori tersebut adalah sebagai berikut :
  • vertigo perifer, kategori ini merupakan vertigo yang paling umum. Vertigo perifer dipicu oleh gangguan pada mekanisme keseimbangan, biasanya terletak pada bagian dalam telinga. 
  • Vertigo sentral, yaitu gangguan yang terdapat pada serebelum (otak kecil) yang terletak dibawah otak besar ini berpotensi menjadi penyebab vertigo.
Vertigo juga sering timbul setelah cedera dikepala. Untuk itu segeralah untuk pergi ke dokter untuk diperiksa jika merasa ada gejala gejala di kepala, sebelum menjadi parah dan berkepanjangan.

Oleh karena itu, anda harus menjaga kondisi kesehatan tubuh dengan baik dan benar, agar bisa mengatasi dan tidak mudah terserang oleh penyakit vertigo ini.

0 komentar

Posting Komentar