Selasa, 26 Desember 2017

Cara Membedakan Sakit Tipes Dan DBD Yang Bisa Membahayakan


cara membedakan sakit tipes dan DBD
Meskipun Mirip, Begini Cara Membedakan Sakit Tipes Dan DBD !!
Emang benar, gejala yang muncul pada penderita sakit tipes dan penyakit DBD memiliki gejala yang hampir mirip. Yaitu dengan munculnya demam yang tinggi dan badan menjadi lemas. Banyak sekali orang yang keliru untuk membedakan sakit tipes dan demam berdarah, padahal jika salah menduga jenis penyakit yang di deritanya bisa menyebabkan kesalahan dalam menganganinya. Lantas bagaimana caranya untuk bisa membedakan antara sakit tipes dan juga DBD ?

Penyebab Munculnya Penyakit Tipes Dan Demam Berdarah

Penyebab yang paling utama dari penyakit tipes adalah karena terdapat bakteri yang di kenal dengan istilah Salmonella Typhi yang biasa menyerang sistem kekebalan tubuh. Bakteri tersebut akan sangat cepat berkembang pada saat seseorang kurang menjaga kebersihannya, bakteri tersebut kemudian menyebar melalui perantara serangga yang bisa membawa bakteri seperti lalat. Lalat tersebut kemudian bisa membawa bakteri lalu hinggap pada makanan atau minuman dan pada akhirnya akan masuk ke dalam tubuh seseorang yang telah mengkonsumsi makanan tersebut.

Sementara itu, demam berdarah dangue adalah penyakit yang di sebabkan oleh virus dangue yang telah di bawa oleh nyamuk Aedes Aegypti. Nyamuk jenis tersebut biasanya akan mudah di temui saat musim hujan.

Sebenarnya penyakit tipes dan DBD merupakan dua penyakit yang paling banyak menyerang masyarakat Indonesia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tanpa memilih jenis kelamin dan usia. Jika anda telat menangani ke dua penyakit tersebut, besar kemungkinan bisa membahayakan nyawa penderita.

Perbedaan Gejala Tipes dan DBD

Pada sakit Tipes demam tinggi yang muncul cenderung selalu naik turun pada waktunya, dimana demam biasanya akan muncul pada malam hari dan akan turun pada pagi hari. Sedangkan gejala demam tinggi pada DBD akan berlangsung sepanjang hari dan sangat lama.

Pada DBD biasanya akan muncul bintik merah di bagian bawah kulit yang bisa terjadi di akibatkan oleh pendarahan, bintik merahnya juga tidak akan pudar. Sedangkan pada tipes, bintik merah yang muncul bukanlah bintik pendarahan, melainkan akibat dari infeksi yang di sebabkan bakteri Salmonella.

Pada penyakit tipes biasanya akan muncul penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan, seperti sakit perut, diare, bahkan sembelit. Sedangkan pada DBD yaitu sering menyebabkan nyeri otot, tulang dan sendi.

Pengobatan Penyakit Tipes

Pada pengobatan penyakit tipes umumnya akan di berikan antibiotik yang sangat berguna untuk membasmi bakteri yang menyebabkan tipes. Selain itu ada pengobatan yang paling alami guna mempercepat penyembuhan tipes tanpa menimbulkan efek samping apapun. Sebaiknya penderita tipes mengkonsumsi makanan yang lembut agar penyembuhan luka pada usus dapat lebih cepat. Jauhilah pantangan penderita penyakit tipes karena akan memperlambat penyembuhannya.

Sedangkan pada demam berdarah, pengobatannya tidak memerlukan obat yang khusus. Karena memang tidak ada jenis vaksin yang khusus untuk membunuh virus Dengue. Adapun hal yang penting untuk di lakukan penderita DBD adalah dengan menjaga kondisi tubuh agar tidak mengalami dehidrasi. Jika terjadi masalah pada pencernaan, sebaiknya langsung bawa pergi ke dokter untuk segera di atasi.
    Langkah pertama untuk pemeriksaan yaitu harus mengetahui terlebih dahulu seseorang terkena tipes atau DBD. Caranya yaitu dengan memeriksakan ke dokter dan kemudian dokter akan menyuruh untuk melakukan pengecekan darah untuk lebih memastikan penyakit yang sedang anda derita.

    Segera Periksakan Gejala Tipes Atau Demam Berdarah Yang Anda Derita

    Karena Pada Dasarnya Kedua Penyakit Tersebut Akan Sangat Membahayakan Tubuh

    0 komentar

    Posting Komentar