Selasa, 19 Desember 2017

Sayuran Untuk Penderita Asam Urat Paling Mudah Di Temui


sayuran untuk penderita asam urat
Sayuran untuk penderita asam urat - Banyak sayuran yang sangat aman di konsumsi oleh penderita asam urat. Pada dasarnya banyak cara yang bisa kita lakukan untuk menjaga agar kadar asam urat dalam tubuh kita tetap dalam kondisi yang normal.

Asam urat merupakan suatu penyakit dalam persendian yang disebabkan karena menumpuknya kristal-kristal asam urat dalam sendi. Kristal asam urat bisa terjadi karena jumlah zat asam urat yang di keluarkan tubuh lebih kecil daripada yang di serap oleh tubuh.

Asam urat merupakan penyakit yang bisa datang secara tiba-tiba. Zat asam urat merupakan limbah yang harus di keluarkan dari tubuh melalui organ ginjal dalam bentuk urine. Menumpuknya zat purin didalam tubuh bisa di sebabkan karena asupan makanan yang menagndung purin lebih banyak seperti daging dan jeroan.

Pada dasarnya terdapat beberapa cara yang dapat anda lakukan untuk memelihara kestabilan kadar asam urat di dalam tubuh agar tetap normal. Dibawah ini ada beberapa jenis sayuran yang sangat aman untuk penderita asam urat diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Seledri 
Pada umumnya daun seledri merupakan bahan penyedap makanan. Disamping itu, daun seledri ternyata mampu menurunkan kadar asam urat di dalam darah.
  • Sawi Putih
Sawi putih ternyata berkhasiat untuk menurunkan asam urat di tubuh kita. Didalam sawi putih terdapat kandungan seperti vitamin E dan C, serta betakarotin yang mampu mencegah terjangkitnya oksidasi kolesterol jahat. Jika anda rutin mengkonsumsi sawi putih, imun anda akan sangat kuat terhadap penyakit kardiovaskular. Selain itu, zat fitonutrient yang terdapat pada sawi putih juga bisa menurunkan kadar asam urat dengan cara mengeluarkannya lewat air kencing.
  • Kentang
Kentang merupakan salah satu sayuran yang bisa membantu untuk mengurangi gejala pada asam urat. Kentang yang di rebus memiliki manfaat yang lebih baik daripada kentang kentang yang di goreng, karena dengan di rebus kalori dan lemaknya akan menjadi sangat rendah. Kentang yang di rebus juga tidak akan kehilangan nutrisi penting seperti kalium, fosfor, protein, vitamin B dan vitamin C. Bukan hanya itu, di dalam kentang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga sangat baik dalam pencernaan. Kandungan B 5 pada kentang juga di perlukan oleh penderita asam urat untuk memecah nutrisi menjadi energi juga sangat mendukung pada fungsi hati.
  • Wortel
Di dalam wortel ternyata tidak memiliki kandungan purin yang tinggi, oleh karena itu wortel sangat aman di konsumsi oleh penderita asam urat. Kandungan yang paling utama pada wortel adalah folat, vitamin A & K, magnesium dan serat yang bisa di gunakan sebagai terapi untuk menurunkan kadar asam urat yang terdapat di dalam darah.
  • Daun Serai
Daun serai berperan sebagai anti inflamasi untuk mengatasi keluhan arthritis, asam urat dan radang saluran kemih. Rempah-rempah ini juga bisa meningkatkan kinerja organ ginjal. Daun serai memiliki sifat antiseptik yang bermanfaat untuk membersihkan tubuh dari infeksi jamur, bakteri, dan membersihkan darah dari limbah asam urat yang cukup berbahaya.
  • Jahe
Jahe memiliki kandungan komponen aktif yaitu Gingerol yang bisa bermanfaat untuk mengurangi produksi enzim penyebab peradangan pada asam urat. Gingerol berfungsi untuk menghambat sinyal yang akan di kirim ke otak menyebabkan rasa sakit, sehingga bisa meredakan nyeri pada asam urat.
  • Brokoli
Brokoli merupakan jenis sayuran untuk penderita asam urat. Hal ini karena brokoli kaya akan serat, sulfur, asam amino, juga vitamin C yang bagus untuk menurunkan kadar asam urat. Caranya yaitu dengan di rebus atau di konsumsi dengan keadaan mentah.
  • Tomat
Didalam tomat mempunyai zat likopen yang berfungsi sebagai antioksidan di tubuh kita. Likopen adalah senyawa yang membentuk warna tomat sehingga menjadi warna merah. Selain itu, di dalam tomat juga memiliki kandungan kalium dan vitamin B6 yang bisa menurunkan kadar kolesterol dan asam urat.
  • Belimbing Wuluh
Selain biasa di gunakan pada sayur asem, belimbing wuluh juga bisa bermanfaat bagi penderita asam urat. Karena di dalam sayuran ini memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi.
  • Daun Selada
Didalam daun selada terdapat kandungan vitamin A, C, E dan K. Selada juga mengandung zat-zat yang penting lainnya seperti seng, asam folat, etakaroten, kalsium, magnesium, zat besi, fosfor, dan natrium. Daun selada sangat baik di konsumsi oleh penderita asam urat tanpa menimbulkan efek yang akan memperparah asam urat.

Itulah penjelasan singkat tentang sayuran untuk penderita asam urat. Sebenarnya masih banyak lagi jenis sayuran yang lainnya. Dengan melakukan prinsip menjaga pola hidup sehat dengan cara benar, dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit seperti asam urat, kolesterol, dan yang lainnya. Salam sehat, semoga bermanfaat !!

0 komentar

Posting Komentar