Selasa, 20 Februari 2018

Cara Mencegah Batu Ginjal Dengan Mudah


cara mencegah batu ginjal
Salah satu cara mencegah batu ginjal dari sejak dini merupakan salah satu hal yang sangat positif. Karena ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting dari dalam tubuh manusia untuk berlangsung hidupnya. Jagalah ginjal anda dari sejak dini sebelum terserang penyakit yang berbahaya lainnya.

Salah satu gangguan kesehatan yang sering di temukan pada organ ginjal adalah sering di temukan sesuatu yang keras mirip batu di dalam ginjal. Batu yang terdapat di dalam ginjal ini bisa menyebabkan gangguan pada kantung kemih anda. Karena batu tersebut akan keluar hanya dari ginjal melalui saluran kencing anda, sehingga akan menimbulkan rasa sakit.

Gejala Batu Ginjal

Jika ukuran batu ginjalnya semakin besar, makan kondisi batu ginjalnya akan semakin parah. Hal tersebut terjadi karena gesekan antara dinding saluran kencing dengan batu ginjalnya, yang bisa menyebabkan luka. Sehingga akan menjadi berdarah ataupun memicu adanya suatu infeksi yang lebih berbahaya.

Batu ginjal ini merupakan salah satu gangguan kesehatan yang cukup banyak penderitanya. Akan tetapi, biasanya tidak di sadari. Karena ukuran batu ginjal yang kecil tidak membutuhkan pengobatan yang khusus. Karena batu ginjal tersebut akan keluar dengan sendirinya. Apalagi jika ukuran batu ginjalnya yang membesar bisa menimbulkan gangguan kesehatan yang sangat tidak nyaman pada bagian ginjalnya. maka dari itu, ada baiknya jika menjaga kesehatan tubuh dengan baik serta menerapkan pola hidup yang sehat.

Terdapat banyak bahaya pada dampak batu ginjal, maka dari itu anda bisa melakukan cara mencegah batu ginjal dari sejak dini, agar tidak mengalami dampak buruk tersebut.

Endapan batu ginjal bisa di sebabkan oleh makanan ataupun masalah pada kesehatan lain yang mendasarinya. Berdasarkan jenisnya, batu ginjal bisa di bagi menjadi empat bagian, yaitu batu kalsium, batu asam urat, batu struvit, dan batu sistin.

Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Batu Ginjal ?

1. Perbanyak Minum Air Putih

Minumlah air putih minimal 8 gelas perhari, apalagi jika aktivitas fisik anda tergolong sangat padat dan sering berkeringat. Dengan rajin minum air putih bisa menurunkan risiko terkena pembentukan batu ginjal.

Namun, anda juga perlu membatasi mengkonsumsi minuman yang mengandung kalori ataupun pemanis. Selain itu, anda juga harus menghindari asypan alkohol dan kafein, hingga minuman bersoda. Ada penelitian yang menunjukan, bahwa setidaknya dengan mengkonsumsi 1 gelas saja minuman yang mengandung soda setiap hari. Bisa meningkatkan risiko terkena penyakit batu ginjal sebanyak 23%.

2. Kurangi Asupan Garam

Kebanyakan mengkonsumsi garam bisa menjadi pemicu sakit batu ginjal. Karena bisa meningkatkan jumlah kalsium di dalam urine. Batas wajar mengkonsumsi garam dalam sehari bisa setara dengan 1 sendok teh garam dapur. Untuk itu hindarilah asupan yang mengandung natrium yang berlebihan. Karena dengan menjauhi asupan natrium, anda bisa mencegah untuk tidak terkena penyakit batu ginjal.

3. Menjaga Berat Badan

Memiliki berat badan yang berlebihan, bisa berkaitan terhadap perkembangan sakit pada batu ginjal. Hal ini bisa menyebabkan suatu resistensi insulin dan peningkatan jumlah kalsium di dalam urine. Sehingga hal ini bisa beresiko lebih besar mengalami batu ginjal. pH urin akan cenderung lebih asam pada orang yang memiliki berat badan berlebihan. Sehingga akan meningkatkan suatu resiko yang terjadi pada batu ginjal.

4. Membatasi Asupan Protein Hewani

Jangan berlebihan mengkonsumsi daging dan asupan protein lainnya, seperti telur, seafood, jeroan, dan susu. Karena makanan tersebut mengandun purin yang tinggi. Yang nantinya akan di ubah menjadi asam urat di dalam urin. Asam urat merupakan salah satu pemicu bahan pembentukan batu ginjal. Oleh karena itu, kebanyakan mengkonsumsi protein hewani yang berlebihan, bisa menyebabkan terbentuknya suatu penyakit batu ginjal pada kemudian hari. Anda akan di sarankan untuk mengkonsumsi lebih dari 170 gram daging perharinya, agar bisa menjadi cara mencegah batu ginjal.

5. Membatasi Mengkonsumsi Oksalat

Oksalat adalah sejenis asam organik yang di temukan pada setiap tanaman, hewan, hingga manusia. Dengan mengkonsumsi banyak makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi bisa meningkatkan jumlah oksalat di dalam urinnya. Sehingga akan berikatan dengan kalsium untuk membentuk batu ginjal.

Ada berapa jenis makanan yang harus anda perhatikan terkait dengan kadar oksalatnya antaralain :
  • Bayam
  • Kiwi
  • Almond
  • Teh hijau
  • Buah bit
  • Kacang mede
  • Cokelat
  • Kedelai
  • Makanan yang tinggi akan vitamin C
Dengan mengkonsumsi lebih dari 1000 mg vitamin C per hari bisa meningkatkan kadar oksalatnya. Bukan berarti anda tidak boleh sama sekali mengkonsumsi makanan di atas. Hanya saja, lebih perhatikan porsi dan tidak untuk berlebihan sekali.

Itu lah beberapa cara mencegah batu ginjal dengan sangat mudah. Semoga dengan membaca dan memahami artikel ini, anda bisa lebih menjaga organ ginjal anda dengan sangat benar.

0 komentar

Posting Komentar