16/11/17

Cara Alami Untuk Mengatasi Infeksi Lambung

Cara mengatasi infeksi lambung

Cara mengatasi infeksi lambung - Lambung adalah kantung otot yang terletak diantara kerongkongan dan usus kecil diperut bagian atas. Lambung juga termasuk ke dalam salah satu organ tubuh yang menjadi bagian sistem pencernaan. Terdapat juga beberapa organ lainnya dari sistem pencernaan yang bisa menyerap makanan seperti : mulut, faring, esofagus, usus halus dan usus besar. Fungsi utama dari lambung adalah untuk menyimpan makanan sekaligus mencerna makanan.

Infeksi lambung adalah peradangan yang terjadi pada dinding lambung. Adanya ketidakseimbangan asam lambung yang menyebabkan peradangan ini terjadi yang kemudian akan balik menyerang dan mengikis dinding lambung. Infeksi lambung ini disebabkan oleh bakteri Helicobacter pylori. Sebuah bakteri yang berbentuk seperti spiral (helix) yang tumbuh didalam saluran pencernaan dan memiliki kecenderungan untuk menyerang lapisan lambung.

Bakteri Helicobacter pylori memang tidak berbahaya, tetapi juga bisa menjadi berbahaya ketika pertahanan tubuh sedang lemah dan bakteri itu akan tumbuh subur didalam lambung. Hal inilah yang akan menyebabkan infeksi lambung yang ditandai dengan terbentuknya ulkus dilambung dan duodenum atau usus dua belas jari.

Bakteri ini bukan lah jenis bakteri yang baru, karena bakteri ini sudah hidup berdampingan dengan manusia sudah lebih ribuan tahun. Infeksi ini bisa menyebar dari mulut satu kemulut yang lainnya. Hal ini juga bisa diakibatkan oleh kurangnya menjaga kebersihan, seperti tidak mencuci tangan setelah ketoilet dan tidak cuci tangan dulu sebelum makan.

Penyakit lambung dibagi menjadi 2 bagian yaitu penyakit lambung akut (hanya terjadi sementara) dan kronis (penyakit jangka panjang). 

Gejala pada infeksi lambung

Biasanya pada tahap awal gejala pada infeksi lambung yaitu dengan merasakan gejala maag, gejala lainnya juga bisa muncul seperti sakit perut, apalagi sakit perut yang bisa bertambah hebat setelah beberapa jam selesai makan. Rasa sakit itu biasa nya juga bisa digambarkan dengan seperti ada yang menggerogoti perut dan mungkin akan hilang timbul dengan sendirinya. Dengan mengonsumsi sedikit obat asam lambung seperti antasida itu juga sudah dapat mengurangi rasa sakit diperut.

Gejala infeksi lambung lainnya, bisa seperti :
  • Perut menjadi kembung
  • Rasa mual dan muntah
  • Tidak nafsu makan
  • Bersendawa berlebihan
  • Berat badan menurun tanpa sebab
Adapun cara untuk mengatasi infeksi lambung secara alami sebagai berikut :

1. Mengkonsumsi ramuan dari biji pepaya
Cara mengatasi infeksi lambung yang pertama yaitu dengan biji pepaya. Manfaat pepaya bukan hanya daging buahnya saja yang bisa dimakan, tetapi biji pepaya juga bisa digunakan untuk mengatasi infeksi lambung. Caranya cukup dengan menyangrai biji pepaya lalu tumbuk sampai halus. Setelah itu masukan kedalam gelas yang berisi air putih hangat lalu campurkan ramuan biji pepaya tersebut dan minumlah secara rutin.

2. Mengkonsumsi kunyit
Manfaat kunyit sudah sangat terkenal sebagai obat yang paling berkhasiat untuk beberapa penyakit. Kunyit mengandung curcuma domestica dan itulah sebabnya kunyit dapat mengobati beberapa penyakit termasuk infeksi lambung.

3. Mengkonsumsi ramuan dari daun jambu biji
Selain bisa mengobati diare , daun jambu biji juga bisa bermanfaan untuk mengatasi infeksi lambung. Caranya cukup dengan merebus daun jambu itu ke dalam air yang mendidih. Setelah itu angkat dan dinginkan lalu minumlah ramuan daun jambu tersebut setiap hari.

Jika anda masih merasakan rasa nyeri pada ulu hati yang begitu kuat dan tidak sembuh dengan cara mengatasi yang sederhana itu, maka sebaiknya anda untuk segera pergi ke dokter. Agar bisa diperiksa untuk memastikan penyebab dan pengobatan dini sebelum gejala infeksi lambung menjadi semakin parah apalagi yang sampai ditandai dengan muntah darah .

0 comments

Posting Komentar