Selasa, 14 November 2017

Cara Untuk Mengatasi Penyakit Trigliserida Tinggi Yang Harus Anda Ketahui

Cara mengatasi penyakit trigliserida tinggi - Banyak orang berpendapat bahwa trigliserida sama kolesterol itu sama, padahal keduanya itulah sangat berbeda. Perbedaannya bisa dilihat dari letak pada jenis lemaknya. Trigliserida merupakan suatu lemak darah yang dihasilkan dari proses penguraian makanan pada tubuh. Sedangkan kolesterol adalah suatu lemak sterol yang dimana didalamnya terdapat membran sel.

Trigliserida adalah sejenis lemak utama yang mengalir didalam darah manusia. Trigliserida yang ada dalam darah manusia tidak hanya berasal dari makanan dan minuman yang dikonsumsi saja, melainkan juga dari hasil produksi yang dilakukan sendiri oleh tubuh sebagai sumber energi. Trigliserida merupakan hasil dari kalori yang tidak terpakai dan disimpan untuk menyediakan cadangan energi bagi tubuh.

Hal tersebut akan sangat beresiko untuk memiliki kadar trigliserida tinggi jika seseorang yang sering mengkonsumsi kalori yang berlebihan dari jumlah yang dibutuhkan oleh tubuhnya. Semakin tinggi kadar trigliserida, maka semakin tinggi juga resiko kita untuk terkena penyakit jantung dan sindrom matabolik dan juga akan menyebabkan stroke.

Cara Mengatasi Penyakit Trigliserida Tinggi
Nilai normal trigliserida untuk orang dewasa adalah dibawah 150 mg/dl dan maximal tinggi nilainya diatas 200 mg/ dl. Sedangkan untuk anak-anak yang baru berusia 0-9 tahun, kadar trigliserida normalnya adalah kurang dari 75mg/dl dan maximum nya diatas 100mg/dl. Dan untuk anak-anak yang sudah berusia 10-19 tahun, kadar trigliseridanya dapat dikatakan normal apabila kurang dari 90mg/dl dan maximumnya bila diatas 130mg/dl.

Trigliserida memang sangat penting apalagi sebagai lemak darah, akan tetapi jika jumlahnya sangat tinggi tentu akan menimbulkan suatu masalah.

Penyebab dari trigliserida tinggi diantaranya :
  • Diabetes
  • Penyakit ginjal
  • Penyakit hipotiroid
  • Efek samping dari penggunaan obat-obatan dan minuman beralkohol
  • Obesitas yang tidak terkontrol
  • Gangguan metabolisme lemak yang sifatnya turunan
Seringnya mengkonsumsi obat-obatan seperti steroid, tamoxifen, diuretik, beta - blockers dan pil KB juga bisa berpengaruh untuk memicu timbulnya penyakit trigliserida tinggi.

 Trigliserida tinggi juga bisa kita atasi, berikut cara mengatasi penyakit trigliserida tinggi :
  • Kurangi untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung kalori tinggi. Contohnya seperti makanan bertepung, minyak jenuh, kelapa, makanan yang dipanggang, minuman manis dan yang mengandung alkohol.
  • Sebaiknya anda melakukan penurunan berat badan jika berat badan anda merasa berlebihan.
  • Hindari asupan lemak jenuh dan tak jenuh tunggal, gantilah untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak omega 3 yang lebih baik untuk kesehatan tubuh.
  • Anda harus rajin berolahraga.
  • Dan hindarilah untuk mengonsumsi obat-obatan dan alkohol.
Selain itu ada beberapa makanan yang dipercaya dapat menurunkan dan mengatasi penyakit trigliserida secara alami yaitu : kacang-kacangan, minyak zaitun, sayur-sayuran, buah-buahan, biji-bijian, oatmeal dan ikan.

Oleh sebab itu sangat dianjurkan bagi anda untuk mengetahui penyebab gejala trigliserida tinggi sejak dini , karena jika tidak segera mengetahui akan sangat membahayakan kondisi kesehatan tubuh anda. Untuk itu mulailah menjaga pola hidup sehat agar dapat menecegah penyakit trigliserida tinggi karena dengan menjaga pola hidup dan mencegahnya akan terbebas dari berbagai macam penyakit termasuk penyakit trigliserida tinggi.

0 komentar

Posting Komentar