Jumat, 10 November 2017

Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu Dan Cara Pencegahannya

Sebelum membahas ke ciri ciri penyakit usus buntu dan cara pencegahannya, alangkah baiknya anda memahaminya terlebih dahulu pengertian usus buntu. Dalam bahasa latin usus buntu ialah Appendix Vermiformis. Pengertian usus buntu sendiri adalah suatu kantung yang terhubung pada usus penyerapan yang menanjak dari usus besar. pengertian usus buntu juga merupakan sebuah organ tubuh yang memiliki jaringan-jaringan kecil yg suka menempel di area usus besar dan usus buntu ini terletak di bagian kanan sebelah bawah.

Penyakit usus buntu akan terjadi ketika usus buntu mengalami peradangan, ketika terjadi radang usus akan membengkak dan penuh nanah yang berasal dari bakteri dan sel-sel mati akibat infeksi. Jika di biarkan begitu saja dan tidak diobati maka usus buntu akan semakin membengkang, bahkan bisa sampai pecah yang membuat isi nya akan tersebar ke semua rongga perut sehingga berpotensi menyebabkan infeksi yang meluas dan bisa mengancam nyawa.

Banyak sekali penderita usus buntu yang mengira dirinya hanya mengalami maag biasa, dan pada akhirnya rasa sakit di dalam itu menjadi tambah parah karena tidak mendapatkan penanganan yang cepat. Dengan demikian sangat penting untuk mengetahui ciri ciri penyakit usus buntu dan cara pencegahannya dari sekarang.
Ciri Ciri Penyakit Usus Buntu Dan Cara Pencegahannya

5 ciri ciri penyakit usus buntu sebagai berikut :

1. Sakit perut
 Sakit perut adalah gejala umum untuk semua penyakit, nyeri perut juga ada yang di sebabkan oleh radang usus. Sakit perut ini bermulai dari daerah tengah atau area pusar yang selalu hilang timbul rasa sakitnya.

2. Demam
ciri ciri dari penyakit usus buntu bisa mirip dengan penyakit lainnya yaitu demam. Biasanya suhu tubuh akan meningkat dan disertai wajah memerah.

3. Mual, muntah, dan tidak nafsu makan
Masalah ini juga sering kita temui, kejadian ini biasanya terjadi di awal bahkan sebelum adanya rasa sakit di perut.

4. Sembelit
Hal ini tidak akan begitu parah, dan mungkin akan terjadi setelah mengalami sakit perut. Tapi jika anda mengalami diare ringan, terutama jika ada banyak lendir di dalam feses, dan di sertai sakit perut sebelah kanan bawah, maka segeralah periksa ke dokter untuk memastikan adanya radang usus buntu atau tidak.

5. Nyeri lepas tekan
Maksud dari nyeri lepas tekan ini adalah ketika kita menekan perut akan terasa sakit dan ketika tekanan itu di lepas malah akan lebih menjadi-jadi sakitnya.

Agar kita bisa terhindar dari penyakit usus buntu ada baiknya kita juga mengetahui bagaimana cara untuk mencegahnya. Cara yang harus di lakukan juga harus tepat agar pencegahan nya bisa efektif dan baik.

Berikut ini cara yang bisa di lakukan guna untuk mencegah penyakit usus buntu :
  • Mengkonsumsi makanan kaya serat seperti sayur-sayuran dan buah-buahan.
  • Harus banyak mengonsumsi air putih di anjurkan untuk  minum 8 gelas dalam sehari.
  • Jangan sering menahan BAB,  penyebabnya akan terjadi proses penumpukan feses.
  • Jangan menahan kentut, sebab pencernaan yang tersumbat bisa menyebabkan usus buntu.
  • Harus rutin berolahraga
  • Hindari obat-obatan terlarang dan minuman yang beralkohol
Itulah beberapa ciri ciri penyakit usus buntu dan cara pencegahan nya. Dan harus anda ingat juga cara di atas belum tentu 100% bisa mencegah usus buntu tapi setidaknya dengan cara di atas jadi bisa sedikit mengurangi resiko terkena penyakit usus buntu.

0 komentar

Posting Komentar