Kamis, 09 November 2017

Waspadai Ciri Ciri Orang Yang Terkena Penyakit Maag

Penyakit maag dalam istilah kedokteran di sebut penyakit gastritis atau tukak lambung. Penyakit maag adalah gejala dari peradangan pada lambung yang di sebabkan  oleh virus/bakteri Helicobacter pylori yang bisa mengakibatkan luka di area lambung.

Ciri Ciri Penyakit Maag

Sakit maag termasuk penyakit umum yang ada di Indonesia. Sebagian orang pasti mempunyai penyakit maag, cuman ada yang kronis ada juga yang tidak kronis. Untuk itu anda harus waspada mengenai ciri ciri orang yang terkena penyakit maag.

Menurut data yang di lakukan di beberapa pusat endoskopi, di Indonesia terdapat sekitar 7000 kasus maag dengan 86,4 persen itu merupakan dari jumlah dispepsia fungsional. Dispepsia fungsional merupakan kondisi sakit maag yang tidak di ketahui penyebabnya.

meskipun dari sebagian orang sakit maag itu juga bisa ditangani sendiri tanpa perlu berkonsultasi dengan dokter, namun pemeriksaaan dokter juga sangat perlu di lakukan apalagi jika sakit maag anda di barengi dengan muntah-muntah, sulit untuk menelan dan mengalami penurunan berat badan.

Ciri ciri penyakit maag kronis, diantaranya :

  • Perut sering merasa sakit, atau sakit di area ulu hati
  • Sering merasa mual-mual dan muntah
  • Seringnya bersendawa
  • Duka merasa kenyang, padahal belum makan sekali pun
  • Lidah berasa di lapisi oleh lendir yang kental dan bau nafas
  • Sering merasa sakit dari sakit yang ringan sampai ke sakit yang hebat, biasanya suka nyeri di ujung bawah tulang dada dan pusar atau yang di sebut daerah epigastrium
  • Sering merasa seperti terbakar atau panas di daerah epigastrium
Mungkin hal inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang yang tidak menganggap serius akan penyakit maag tersebut. padahal penyakit maag yang tidak mendapatkan penanganan yang serius bisa berkembang menjadi penyakit maag kronis yang dapat menimbulkan berbagai komplikasi penyakit lainnya, dan juga tidak sering penyakit maag ini menjadi salah satu penyebab kematian.

Ketika maag sudah kronis atau parah maka jelas itu signal yang sangat berbahaya sehingga penanganan yang cepat dan tepat sangat kita perlukan. Untuk itu sangat penting bagi kita untuk mengetahui apa saja ciri ciri maag kronis atau yang sudah parah, sehingga pada saat kita terindikasi mengalami gejala maag kronis maka bisa segera melakukan tindakan dan pengobatan yang cepat dan tepat.

Jika anda merasa terkena sakit maag, segeralah anda pergi ke dokter maka dokter akan memeriksa dan juga anda akan di berikan resep obat. Beberapa contoh obat yang yang bisa digunakan untuk mengatasi sakit maag adalah antasida, antagonis reseptor H2 (H2RA), penghambat pompa proton (PPI), alginat, antibiotik, prokinetik, dan obat antidepresan.

Jika di biarkan maag anda akna semakin parah dan bisa saja dalam waktu dekat ini anda akan mengalami gejala yang lebih serius seperti maag kronis yang dapat mengancam keselamatan jiwa anda.

Demikianlah informasi tentang ciri ciri orang yang terkena penyakit maag ini semoga bermanfaat dan bisa menjawab rasa ingin tahu anda serta menyadarkan diri anda akan bahayanya penyakit maag ini sehingga mulai saat ini anda tidak lagi menganggap enteng penyakit maag.

0 komentar

Posting Komentar