12/12/17

Makanan Sehat Untuk Penderita Penyakit Jantung

Makanan sehat untuk penderita penyakit jantung - Dengan menjalani pola hidup yang sehat bisa membuat anda terhindar dari resiko terkena penyakit jantung dan dapat mengurangi resiko kematian akibat dari penyakit jantung. Salah satu caranya yaitu dengan memulai kebiasaan baik untuk mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung serat agar jantung sehat.
Makanan sehat untuk penderita penyakit jantung
Semua manusia pasti memiliki organ jantung di dalam tubuhnya. Jantung adalah suatu organ yang sangat penting untuk kehidupan makhluk hidup. Jantung berfungsi untuk memompa darah ke semua bagian tubuh dan paru-paru. Jantung akan mengendalikan semua aliran darah yang melalui sistem peredaran darah dan akan menyalurkan oksigen ke seluruh pembuluh darah, memberikan nutrisi ke semua organ tubuh, serta dapat menyaring racun didalam tubuh dan mengubah karbon dioksida menjadi oksigen. Itulah sebabnya kenapa jantung sangat berperan untuk kehidupan manusia.

Semua orang pasti mencari sebuah makanan paling baik untuk jantung sehat, namun sebenarnya jantung sehat tidak hanya terdapat dari satu jenis makanan saja. Akan tetapi semua makanan pasti mempunyai beragam kandungan nutrisi yang berbeda.

Untuk menyehatkan jantung di dalam tubuh dan membantunya bekerja dengan sangat kuat, senyawa fitonutrien yang terdapat dalam sayuran dan buah-buahan akan sangat bermanfaat. Senyawa ini mampu melindungi tumbuhan dari kuman, jamur, dan hama yang menjadi pengganggu. Sedangkan bagi manusia, senyawa ini dapat membantu tubuh untuk bekerja dengan lebih baik lagi.

Berikut ini berbagai macam makanan yang mampu melindungi jantung dan pembuluh darah diantaranya adalah sebagai berikut :
  • Yogurt 


Banyak para ahli yang membuktikan bahwa yogurt mampu melindungi terhadap penyakit gusi. Jika dibiarkan terlalu lama, penyakit gusi dapat meningkatkan resikon seseorang terkena penyakit jantung. Para ahli percaya bahwa probiotik yang terdapat dalam kandungan yogurt sangat mampu untuk membantu melawan pertumbuhan bakteri di mulut. Dan para ahli juga menunjukan bahwa probiotik mampu memperbaiki pencernaan dan meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Biji-bijian 
Orang yang sering makan biji-bijian cenderung lebih memiliki resiko paling rendah untuk terkena penyakit jantung. Hal ini terjadi mungkin karena di dalam biji-bijian terdapat kandungan antioksidan, fitoestrogen, dan pitosterol yang sangat baik terhadap penyakit jantung koroner. Didalam kandungan biji-bijian juga terdapat banyak serat yang sangat berkhasiat untuk tubuh terutama jantung. Contoh jenis biji-bijian yang mengandung kaya serat tinggi adalah jagung, gandum, dan beras merah.
  • Ikan salmon 
Ikan salmon dan tuna mengandung asam lemak omega 3 yang sangat membantu untuk menurunkan tekanan darah dan dapat mencegah irama jantung yang tidak beraturan.
  • Kacang-kacangan 
Perbanyak makan kacang seperti kacang merah dan kacang hijau sampai tiga cangkir dalam seminggu juga bisa membantu seseorang lebih rendah terkena penyakit jantung. Selain kacang-kacangan kaya akan fitonetrien yang sangat baik untuk jantung, di dalam kacang-kacangan juga mengandung serat dan air sehingga akan membuat anda cepat kenyang. Sehingga anda bisa mencegah mengkonsumsi kalori lebih banyak yang bisa menyebabkan penyakit jantung.
  • Anggur 
Buah anggur di duga bisa menjadi makanan untuk mencegah penyakit jantung dan hipertensi atau tekanan darah yang tinggi. Semua ini karena di dalam buah anggur terdapat kandungan serat dan senyawa Quercetin. Diduga senyawa Quercetin tampak bisa melindungi pembuluh darah dari penyumbatan.
  • Apel 
Dengan mengkonsumsi apel sebanyak satu atau dua apel perhari kemungkinan dapat mengurangi resiko penyakit jantung. Para ahli berpendapat bahwa buah apel mampu mengurangi kolesterol jahat dalam tubuh serta mampu mengatur gula darah. Hal ini karena apel mengandung senyawa yang sangat baik untuk jantung yaitu quercetin dan pektin.
  • Pisang 

Didalam pisang terdapat kandungan kalium yang membantu untuk menajga fungsi jantung dan keseimbangan natrium serta air dalam tubuh. Kalium juga bisa membantu untuk mengekresikan jantung yang kelebihan natrium.
  • Popcorn 

Didalam popcorn terdapat kandungan polifenol yang dapat meningkatkan kesehatan jantung. Popcorn bahkan memiliki kandungan polifenol 3 kali lebih banyak dibandingkan dengan kacang merah.

Selain mengkonsumsi makanan sehat untuk jantung dan mengurangi mengkonsumsi garam maksimal 5-6 gram perhari, kita juga perlu berolahraga secara rutin dan hindari merokok agar tubuh tetap sehat dan jantung senantiasa kuat untuk memompa darah keseluruh tubuh dengan baik.

0 comments

Posting Komentar