1/29/18

Dampak Buruk Dan Makanan Untuk Kolesterol Tinggi

Hampir semua orang pernah mendengar kata kolesterol tinggi. Ya, kolesterol merupakan suatu lemak yang bisa di temukan dari dalam darah yang biasa di butuhkan oleh sel tubuh. Selain di produksi oleh tubuh secara alami, kolesterol juga bisa muncul dari makanan yang kita makan. Untuk itu, makanlah makanan untuk kolesterol tinggi yang baik.
https://1.bp.blogspot.com/-uEaqwEYq3F0/WH92Lm8F1MI/AAAAAAAALcM/pI7HUN2OY_0BdNSxCTIfsuGv1RkcICebwCLcB/s1600/makanan_sehat.gif
Kolesterol di bagi menjadi 2 macam antaralain :
  • LDL (Low Density Lipoprotein) yang biasa di sebut dengan kolesterol jahat yang berbahaya bagi tubuh dan harus segera di hindari.
  • HDL (High Density lipoprotein) adalah kolesterol yaing baik. Jika LDL bisa meningkatkan resiko terkena seperti sakit jantung, stroke, dan serangan jantung. Maka, HDL mampu mencegah resiko terkena penyakit tersebut.
Fungsi Kolesterol

Kolesterol yang cukup biasanya akan sangat di perlukan oleh tubuh manusia, untuk membangun dinding sel serta membuat hormon di dalam tubuh. Kolesterol merupakan suatu komponen yang sangat penting untuk membuat asam empedu, hormon steroid dan juga vitamin D.

Resiko Akibat Dari Terserang Kolesterol Tinggi
Jika terlalu banyak kolesterol jahat yang masuk ke dalam tubuh, maka kemungkinan besar akan terjadi penumpukan pada pembuluh darah arteri, sehingga arteri akan mengeras dan mulai tersumbat. Hal tersebut akan menyebabkan munculnya rasa sakit di area dada (angina). Kelebihan kolesterol bisa menyebabkan terkenanya serangan jantung dan juga stroke, hal tersebut karena terjadinya peradangan serta pembekuan darah. Olahraga yang teratur, meminum obat kolesterol tinggi paling ampuh, serta mengatur pola asupan dengan makanan untuk kolesterol tinggi yang baik. Hal itu bisa sedikit mengurangi resiko terkena kolesterol jahat.

Dengan mengkonsumsi makanan yang baik untuk kolesterol yang tinggi di dalam tubuh memang berbeda-beda. Makanan yang mengandung serat larut yang mampu mengikat kolesterol di dalam pencernaan, serta mampu mencegahnya masuk ke dalam sirkulasi darah. Ada juga beberapa makanan yang mampu menurunkan tingkat LDL secara langsung berkat dari kandungan lemak yang tidak jenuh yang di milikinya.

Makanan Apa Saja Kah Yang Harus Di Kurangi ?

Mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan lemak jenuh bisa mendorong peningkatan kolesterol di dalam darah, contohnya :
  • Keju
  • Santan
  • Mentega
  • Kulit ayam
  • Gorengan
  • Daging berlemak
  • Kuning Telur
  • Kue dan Biskuit
Jika anda terserang kolesterol tinggi, lebih baik hindarilah makanan seperti di atas. Usahakan dan biasakan dari sejak dini untuk mengkonsumsi makanan yang di olah dan di masak sendiri di rumah. Perbanyaklah mengkonsumsi sayuran serta buah-buahan. Dengan begitu, anda pun bisa lebih  bisa mengatur serta akan mengurangi untuk tidak beresiko terkena kolesterol tinggi.

Makanan Yang Bisa Meningkatkan HDL (Lemak Baik) di dalam tubuh, antaralain adalah sebagai berikut :

Anda usahakan dari sekarang untuk mengkonsumsi makanan yang bisa meningkatkan lemak baik anda, di bandingkan dengan banyak memakan yang mengandung banyak lemak jahat. Berikut ini ada beberapa makanan yang bisa membantu meningkatkan lemak baik di dalam tubuh antaralain :

1. Yoghurt

    Yoghurt merupakan makanan yang bebas lemak, kaya protein, kalsium, dan mikroorganisme. Kandungan tersebut sangat berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi atau lemak jahat di dalam tubuh.

    2. Kacang Kacangan

      Dengan mengkonsumsi banyak memakan kacang-kacangan, dari pada mengkonsumsi kentang. Hal tersebut karena, di dalam kentang terdapat kandungan yang bisa menaikan kadar gula darah. Sedangkan di dalam kacang-kacangan terdapat kandungan yang memiliki banyak serat yang mampu menaikan kolesterol baik di dalam tubuh.

      3. Cokelat

        Cokelat merupakan cemilan yang memiliki rasa manis dan mengandung antioksidan serta flavonoid yang berguna untuk menurunkan kolesterol tinggi. Selain itu, dengan mengkonsumsi cokelat yang rutin mampu menghilangkan stres atau ketegangan pada tubuh.

        4. Oatmeal


        Didalam oatmeal biasanya mengandung serat tinggi yang bisa mengurangi tingkat kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh. Serat tinggi juga bisa di temukan dari kacang merah, buah apel, pir, dan buah pisang. Serat tersebut sangat mampu mengurangi penyerapan kolesterol dalam aliran darah, sehingga tidak akan terjadi penumpukan.

        Itulah beberapa makanan yang sangat baik untuk mencegah kolesterol tinggi. Jika anda sedang menderita kolesterol tinggi, sebaiknya langsung di periksakan ke dokter. Agar dokter segera memberikan resep obat yang harus di minum, guna untuk mengurangi kadar kolesterol tinggi.

        Sebelum mengkonsumsi obat penurun kolesterol dari dokter, cobalah untuk mengkonsumsi makanan yang menghasilkan lemak baik seperti di atas secara rutin. Dan jangan lupa juga harus di barengi dengan olahraga yang teratur, menghindari asupan alkohol dan hindari juga kebiasaan merokok.

        Dan anda harus selalu ingat, olahlah makanan yang akan di konsumsi dengan cara di rebus di mulai dari sekarang. Kurangi penggorengan-penggorengan yang biasa di lakukan sebelumnya. Semua tips tersebut, akan mampu menjaga dan menghindari anda dari penyakit yang berbahaya seperti serangan jantung serta penyakit stroke.

        0 comments

        Post a Comment