30/01/18

Pantangan Makanan Penderita Amandel Yang Harus Di Hindari

Untuk menghindari pantangan makanan penderita amandel memang sangat sulit untuk dilakukan. Karena sudah menjadi kebiasaan, untuk makan dan minum yang di rasa enak dan juga nikmat  dan tidak di pilih-pilih memang tidak pernah terlepas dari aktivitas manusia.
pantangan makanan penderita amandel
Memang benar, hal tersebut akan timbul dengan sensasi tersendirinya. Disaat perut dalam keadaan kosong atau lapar tanpa basa-basi akan melahap langsung ke makanan yang ada di depannya. Begitu pula dengan minuman, saat terasa haus atau dehidrasi ketika melihat air minum akan langsung cepat di teguk tanpa basa-basi juga.

Hal tersebut menandakan, sudah sangat jarang manusia memperhatikan kandungan makanan maupun minuman yang ia konsumsi, sehingga hal tersebut akan menimbulkan beragam jenis penyakit.

Penyakit yang muncul menjadi pemicu terjadinya kelainan pada bagian tubuh. Salah satunya pada bagian tenggorokan yang merupakan jalur masuknya untuk di lewati makanan serta minuman, sehingga biasanya akan menimbulkan penyakit amandel.

Pengertian Penyakit Amandel

Penyakit amandel atau penyakit tonsilitis merupakan penyakit yang menyerang pada tenggorokan yang terjadi di akibatkan karena infeksi. Penyakit amandel sering di alami oleh anak-anak yang berusia sekitar 5 tahun sampai 15 tahun dengan masa inkubasi yang berbeda-beda.

Amandel berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh terutama pada anak yang berusia 6 tahun. Bila masuknya virus atau bakteri yang melalui hidung dan mulut, maka amandel akan menjadi sarana penyaring yang di dalamnya terdapat sel-sel sarah putih yang mampu membantu untuk menghancurkan virus maupun bakteri.

Penyebab Penyakit Amandel

Amandel yang meradang disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu bisa di picu karena adanya bakteri dan juga virus yang masuk ke dalam mulut. Virus yang paling umum yaitu berupa jenis Epstein barr dan Coxsackie, sedangkan bakteri yang menjadi penyebab amandel yaitu Streptokokus A .

Selain di akibatkan oleh virus dan bakteri, penyakit amandel juga bisa di sebabkan dari aktivitas sehari-hari anda yang sudah menjadi kebiasaan, seperti sudah terbiasa mengkonsumsi makanan yang lebih banyak mengandung bahan pengawet, pemanis buatan, pewarna kimia dan lain-lain. Makanan yang memiliki cita rasa yang pedas pun juga bisa menjadi pemicu meradangnya amandel, serta tidak menjaga dan memperhatikan kebersihan makanan yang di konsumsinya.

Gejala Penyakit Amandel

Gejala pada penyakit amandel pun bisa di rasakan dampaknya saat tenggorokan mulai meradang. Diantaranya yaitu amandel menjadi merah dan juga bengkak, muncul noda yang berbentuk lapisan putih kekuningan pada amandel tersebut, tenggorokan akan terasa sakit, sulitya menelan makanan, membengkaknya leher, kepala terasa sakit, tubuh menjadi pegal, serta demam dan juga batuk, hidung tersumbat serta terjadinya perubahan suara.

Pantangan Makanan Penderita Amandel

Selain menggunakan obat amandel untuk proses penyembuhannya, anda juga di anjurkan untuk menjaga pola hidup serta makan yang sehat. Misalnya, anda harus menghindari pantangan makanan penderita amandel. Pembahasannya menu makanan nya, kami akan menggabungkan karena jenis makanan dan minumannya pun keduanya tidak berbeda jauh. Berikut ini ada beberapa menu pantangan makanan penderita amandel yang harus benar-benar di hindari antaralain :
  • Makanan Bercita Rasa Pedas
Jika anda atau sekalipun anak anda menyukai makanan pedas, sebaiknya mulai dari sekarang harus di kurangi ya bunda..!! Karena, makanan pedas hanya akan memperburuk dan menyebabkan tambah meradang pada amandel anda.
  • Makanan Bercita Rasa Asam
Makanan yang mengandung asam ternyata juga berpengaruh buruk pada penderita amandel lhoo.. Makanan tersebut seperti jeruk sitrus, anggur, permen karet, dan lain-lain. Kenapa alasannya harus menghindari makanan yang bercita rasa asam ? Karena kandungan asamnya akan menyebabkan rasa gatal serta akan terjadi gangguan pada tenggorokan.
  • Makanan Yang Berlemak Tinggi
Makanan dengan kandungan lemak yang tinggi seperti gorengan,ternyata sangat tidak bagus untuk di konsumsi penderita amandel. Hal tersebut karena kandungan lemak atau minyak yang bisa memperburuk peradangan yang terjadi pada amandel.
  • Makanan Cepat Saji
Salah satunya yaitu mie instan, makanan cepat saji yang di larang di konsumsi bagi mereka yang sedang menderita radang amandel. Karena kandungan bahan kimia dalam bumbu mie instan tersebut bisa menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan amandel.
  • Makanan Dan Minuman Yang Berpengawet
Makanan kaleng atau minuman yang mengandung bahan pengawet seperti kimia, ternyata juga bisa menjadi penyebab komplikasi pada penderita radang amandel. Hal tersebut karena, orang yang sedang mengalami sakit amandel sistem kekebalan daya tahan tubuhnya yang sedang lemah. Sehingga ketika mengkonsumsi makanan yang berpengawet dan berbahan kimia bisa menyebabkan masalah kesehatan lainnya.
  • Cokelat
Cokelat merupakan makanan favorit bagi si kecil. Akan tetapi, justru cokelat bisa memicu amandel menjadi lebih besar serta membuat tenggorokan menjadi sangat gatal.

Kapan Waktu Yang Paling Tepat Untuk Menjauhi Pantangan Makanan Tersebut ?

Waktu yang tepat untuk menghindari pantangan makanan tersebut yaitu ketika anda sudah merasakan gejala radang amandel yang menyerang mulut anda atau anak anda. Dengan menghindari pantangan makanan penderita amandel, radang amandel yang di deritanya tidak akan cepat membesar dan dalam proses pengobatannya tidak membutuhkan waktu yang sangat lama serta biaya yang cukup besar.

0 comments

Posting Komentar