Jumat, 16 Februari 2018

4 Gejala Penyakit Hernia Dan Cara Pencegahannya

gejala penyakit hernia
Ada beberapa gejala penyakit hernia yang harus di ketahui oleh kita semua. Juga anda harus lebih waspada dari sejak dini karena dengan mengetahui nya dari awal, kita semua bisa melakukan langkah apa saja yang harus di lakukan guna untuk mencegah penyakit hernia semakin parah.

Penyakit hernia merupakan suatu kondisi turunnya usus yang kemudian akan menyelinap pada dinding perut yang terbuka. Gejala hernia juga bisa di rasakan oleh wanita maupun pria, bahkan pada bayi kasus hernia lebih sering di temukan. Di masyarakat sendiri penyakit hernia bisa di kenal sebagai penyakit turun berok. Dan ada berbagai pengobatan yang bisa di lakukan untuk mengatasinya, baik dengan cara tradisional maupun medis.

Menurut sifat dari gejala penyakit hernia, masalah ini bisa di golongkan menjadi 2 macam. Yakni penyakit hernia reponibel yang merupakan suatu kondisi tonjolan gejala penyakit hernia yang bisa kembali masu pada bagian rongga perut. Sedangkan hernia Ireponibel yaitu suatu kondisi dimana tonjolan tidak bisa masuk kembali ke bagian rongga perutnya.

Sedangkan menurut letak kejadiannya, penyakit hernia bisa di bagi menjadi beberapa jenis yaitu hernia umbilikalis, inguinalis, femoralis, hernia otot, spigelian, dan masih banyak jenis yang lainnya. Tonjolan hernia yang muncul bisa berasal dari selangkangan, bagian paha atas, di antara sekat rongga dada dan perut samping, dan di area pusar.

Kenapa alasannya penyakit hernia sering di sebut dengan penyakit turun berok ? Karena ada jaringan yang melemah hingga melakukan aktivitasnya terasa semakin berat. Memang benar pada awal timbulnya penyakit hernia, banyak sekali penderitanya yang tidak mengetahui bahwa dirinya sedang terkena hernia. Namun lama kelamaan, penyakit hernia jika tidak segera mendapatkan penanganan yang serius dengan obat hernia yang tepat. Maka akan membuat penderitanya semakin merasakan sakit yang teramat menyiksa.

4 Macam Gejala Hernia Yang Harus Di Waspadai

Setelah anda mengetahui apa yang di maksud dengan hernia, sebaiknya kita mulai mempelajari hal apa saja yang bisa berkaitan dengan gejala penyakit hernia.
  • Timbulnya benjolan yang keluar melalui bagian selangkangan yang bisa mengganggu aktivitasnya. Obat hernia yang di gunakan harus secara efektif untuk menuntaskan benjolan yang telah muncul agar tidak kambuh lagi.
  • Gejala penyakit hernia yang di alami oleh wanita hamil akan mengalami tekanan yang berat pada rahimnya, bisa saja akan memungkinkan otot-otot perut menjadi longgar hingga munculah benjolan hernia.
  • Penderita akan merasakan sakit pada bagian bawah perut. Kondisi ini bisa mengindikasikan bahwa jaringan lemak usus telah masuk pada celah sempit yang terbuka di bagian otot perut. Sehingga tubuh akan merasa sulit dan sakit saat bergerak, saat membungkuk, saat berjalan, dan saat buang air besar.
  • Akan terjadi pembesaran pada bagian testis pria yang di sebabkan karena jaringan usus yang masuk pada kantung buah zakar.
Selain itu jika gejala penyakit hernia semakin parah, maka akan muncul gejala penyakit hernia yang lebih parah lagi. Anda harus bisa lebih mewaspadai dengan serius, bahaya apa yang mungkin akan timbul saat penyakit hernia menjadi semakin parah. Berikut ini beberapa gejala lanjutan penyakit hernia antaralain :
  • Mengalami nyeri yang hebat yang akan menjalar pada seluruh tubuh
  • Muncul demam tinggi dan menggigil yang di sebabkan karena infeksi pada tonjolan hernia
  • Akan mengalami mual hingga muntah karena infeksi yang timbul pada dinding perut akan membuat sistem pencernaan lebih terganggu.
  • Terdapat perubahan warna pada tonjolan gejala penyakit hernia menjadi warna kebiruan dan menghitam sebagai pertanda bahwa gejala penyakit hernia telah mengalami infeksi. Yang di sebabkan tonjolan hernia tidak bisa lagi masuk ke pada rongga perut yang tersumbat di celah yang sempit.
Penyebab Penyakit Hernia

Penyakit hernia pada umumnya sering menimpa laki-laki yang bisa di picu karena pekerjaan yang berat yang biasa di lakukan sehari-hari. Selain itu penyebab hernia bisa di picu karena adanya kelainan yang muncul dari sejak lahir. yaitu karen aterbukanya celah pada dinding perut yang tidak menutup secara sempurna.

Selain itu, dampak dari tekanan yang muncul pada rongga perut akan keluar, akibat dari batuk, bersin, dan menangis yang bisa mengakibatkan timbulnya penyakit hernia. Kondisi susahnya buang air besar juga bisa membuat penyakit hernia muncul.

Untuk mengatasi penyakit hernia sebaiknya kita mengantisipasi terlebih dulu langkah pencegahanya dengan menghindari faktor yang bisa menyebabkan penyakit hernia.

Berikut ini ada beberapa tips yang bisa di lakukan untuk pencegahan penyakit hernia diantaranya :
  • Ketika anda sedang melakukan aktivitas yang berat, maka sebaiknya anda menggunakan teknik pengangkatan barang dengan cara yang benar.
  • Sebaiknya saat bekerja gunakanlah otot pada bagian kaki dan jangan menggunakan otot pada bagian punggung
  • Sering berkonsultasilah dengan dokter, jika memang anda mengalami masalah dalam buang air besar
Cara yang lain untuk melakukan pencegahan adalah harus menjaga dan memelihara kesehatan dengan baik. Mengkonsumsi makanan yang nutrisi dan gizinya seimbang, merupakan salah satu cara pencegahan penyakit hernia dari dalam. Selain itu, anda juga harus mengimbangi dengan melakukan olahraga secara teratur.

Menjaga pola makan yang sehat serta tepat waktu juga memelihara kebersihan lingkungan di sekitar anda adalah merupakan satu hal yang sangat penting. Konsumsilah buah-buahan serta sayuran yang mengandung banyak antioksidan yang baik serta mengandung serat tinggi. Sehingga anda bisa mencegah terjadinya suatu masalah seperti susahnya buang air besar, yang bisa menjadi pemicu terjadinya penyakit hernia. Untuk mengobatinya anda bisa memakai obat hernia yang aman, agar tidak menimbulkan efek samping. Saat ini sudah banyak sekali tersebar obat-obatan jenis herbal yang bisa anda pilih.

0 komentar

Posting Komentar