Minggu, 18 Februari 2018

Penyebab Nyeri Perut Saat Batuk Yang Harus Segera Di Atasi


penyebab nyeri perut saat batuk
Pada umumnya , kondisi perut yang terasa sakit saat batuk merupakan sesuatu yang sudah biasa terjadi. Penyebab nyeri perut saat batuk pada sebagian besar karena otot tubuh yang akan berkontraksi, terutama pada otot pada bagian dada, diafragma, dan sekitar perut. Proses kondisi kontraksi ini sangat butuh energi untuk mengeluarkan batuk dari saluran pernapasannya.

Nah, jadi otot-otot yang sering kontraksi ini lama kelamaan akan capek sehingga akan timbul rasa nyeri pada perut. Kondisi ini kemungkinan akan terjadi saat batuk dalam keadaan yang berlangsung lama.

Pengertian Batuk

Batuk adalah suatu mekanisme alami tubuh dalam mengeluarkan sesuatu yang ada di saluran pernapasan. Sesuatu tersebut bisa berasal dari debu, asap, polusi udara, dan lain-lain. Secara umum, kebanyakan penyebab batuk bukanlah suatu yang berbahaya. Penyebab ini bisa saja di karena kan oleh infeksi virus, iritasi pada saluran napas, karena bakteri, jamur hingga virus.

Batuk yang di sebabkan oleh virus, iritasi dan alergi merupakan penyebab yang paling sering terjadi. Namun perlu anda ketahui, bila batuk sudah berlangsung lebih dari 3 minggu, maka harus di pikirkan apa penyebab lain yang lebih serius ini.

Ketika batuk berlangsung, sebagian besar otot tubuh akan berkontraksi terutama pada otot-otot bagian dada, diafragma serta perut. Suatu kontraksi ini tentu saja sangat di perlukan untuk meningkatkan energi batuk sehingga benda asing yang ada di saluran pernapasan bisa di keluarkan. Sayangnya otot otot yang sering kontraksi ini lama kelamaan akan mengalami kelelahan, sehingga akan timbul rasa sakit. Suatu kondisi ini biasanya akan terjadi bila batuk berlangsung lama.

Beberapa Gejala Dan Penyebab Nyeri Perut Saat Batuk

Rasa nyeri pada perut, biasanya akan meningkat dengan gerakan ataupun batuk yang berlebihan. Jika rasa sakit yang anda rasakan menjadi bertambah parah, maka ada baiknya anda segera memeriksakan kepada dokter.

Berikut ini adalah beberapa penyakit yang bisa menyebabkan perut menjadi sakit ketika batuk antaralain :

Radang Panggul

Radang panggul merupakan sebuah penyakit yang berpotensi untuk mengembangkan suatu infeksi pada serviks, rahim, ovarium, hingga saluran tuba falopi. Penyakit ini biasanya di sebabkan oleh bakteri yang menular melalui hubungan seksualnya.

Salah satu yang menjadi gejala yaitu perut terasa sakit ketika batuk dan kondisi ini berpotensi untuk terjadi kehamilan ektopik hingga ketidaksuburan pada wanita jika tidak terdiagnosis sejak dini.

Kista Ovarium

Kebanyakan pada wanita akan mengalami masalah seperti kista ovarium semasa hidupnya. Kista ovarium merupakan suatu kondisi yang munculnya kantung yang berisi suatu cairan yang di temukan di ovarium anda ataupun bisa menempel di luar. Kista ovarium bisa menimbulkan rasa sakit yang cukup parah pada bagian perut serta panggul, ketika anda mengalami batuk kronis. Kami menyarankan anda untuk segera menghubungi dokter agar bisa segera di atasi.

Radang Usus Buntu

Usus buntu merupakan suatu kondisi yang bisa menyebabkan usus terkena infeksi bakteri yang menjadi meradang. Jika tidak segera di obati, radang usus buntu akan menjadi kondisi yang bisa mengancam jiwa. Karena usus buntu anda di penuhi dengan nanah dan beresiko terjadinya kenaikan ruptur. Radang usus buntu bisa terasa sakit jika melakukan gerakan yang berlebihan, bahkan bisa terasa lebih sakit ketika batuk dan tertawa.

Sumbatan Pada Usus

Saat usus anda terhalang oleh bekas sayatan suatu operasi, hal tersebut bisa saja menyebabkan suatu penyumbatan. Penyumbatan tersebut bisa meliputi suatu tekanan di sekitar panggul, perut akan sakit ketika batuk, sakit di bagian pusar, mual hingga muntah, dan bahkan sembelit.

Round Ligament Pain Pada Ibu Hamil

Round ligamen pain merupakan suatu kondisi dimana seorang wanita hamil bisa merasakan sakit pada sisi tertentu di area perutnya. Biasanya kondisi ini bisa di rasakan pada trimester ke dua. Ligamen yang sakit ini biasanya terletak di tempat area panggul dan mengelilingi rahim. Selama hamil, rahim akan memperluas pada bagian perut dan segera meregangkan ligamennya.

Apa yang akan di lakukan bila otot otot perut dan nyeri dada terasa nyeri saat batuk ? Sebenarnya yang harus di lakukan pertama kali yaitu mencari apa penyebab utamanya pada batuk tersebut. Dan Itulah beberapa gejala dan penyebab nyeri perut saat batuk yang harus benar-benar di waspadai dan diatasi.

Jika batuknya bisa di sembuhkan, maka nyeri pada otot pun akan ikut mereda. Namun bila tidak tahan dengan rasa sakitnya, maka daerah perut yang terasa nyeri bisa di kompresi dengan air hangat ataupun obat pereda sakit perut lainnya.

0 komentar

Posting Komentar