20/07/18

6 Gejala Awal Terkena Penyakit Cacar Air Dan Pencegahan

6 Gejala Awal Terkena Penyakit Cacar Air - Cacar air tergolong penyakit kulit menular yang dapat menyerang pada anak-anak maupun orang dewasa. Nama lain penyakit cacar air ialah chicken pox.

Gejala cacar air tidak sulit untuk di kenali, pada tahap awal akan muncul ruam merah pada kulit yang menyebar ke seluruh bagian tubuh. Umumnya di barengi juga dengan gejala lain yang mungkin terjadi sebelum ruam muncul.


Gejala awal cacar air sebelum ruam muncul


1.Badan lemas
2.Demam
3.Otot terasa sakit
4.Tidak selera makan
5.Rasa mual
6.Perasaan tidak nyaman

Bagi orang dewasa bisa mengalami tingkat keparahan yang tinggi di bandingkan dengan penderita pada anak-anak.

Setelah mengalami gejala tersebut, ruam yang sangat terasa gatal akan muncul. Tetapi, setiap orang yang menderita cacar air mengalami ruam yang berbeda. Ada yang hanya terjadi pada bagian tubuh tertentu seperti wajah, dada, punggung, perut, tangan atau kaki dan ada yang semua bagian tubuh terkena.

Pada umumnya masa penyembuhan cacar air berkisar dalam waktu satu atau dua minggu. Untuk bisa pulih secara total sebaiknya perbanyak istirahat dan minum air putih yang cukup agar terhindar dari dehidrasi yang bisa memperparah keadaan dan membuat badan menjadi lemas.

Dokter mungkin akan memberi resep obat untuk cacar air di apotik dan memberi cara untuk mengurangi gejala cacar air dan rasa gatal yang timbul. selain itu biasanya di berikan juga saran agar infeksi tidak menyebar ke orang lain.

Tips Agar Cacar Air Tidak Menular Ke Orang Lain


1.Isolasi

Jika salah satu anggota keluarga ada yang terkena cacar, maka segera ambil tindakan dengan cara mengisolasi pasien pada kamar yang sudah di jaga kebersihannya dan tidak terlalu berkaitan langsung dengan udara di luar.

2.Hindarkan kontak langsung

Jika dalam satu rumah ada banyak anggota keluarga, usahakan untuk sementara menghindari kontak secara langsung terhadap pasien. Dengan cara seperti ini anggota keluarga yang sehat tidak akan tertular virusnya.
Akan tetapi dengan menghindari kontak langsung, bukan berarti anda mengabaikan orang yang sedang sakit. Sebaiknya gunakan masker atau sarung tangan untuk bersentuhan dengan pasien cacar air.

3.Tidak banyak beraktifitas

Agar proses penyembuhan lebih cepat, tentunya pasien harus istirahat total dan membuang aktifitas yang dapat membuat daya tahan tubuhnya menurun. Karena dengan daya tahan tubuh bagus, maka proses pemulihan bisa lebih singkat.

Apalagi jika penderitanya anak-anak, usahakan memberikannya mainan yang bisa berdiam di tempat tidur.

4.Jaga asupan nutrisi

Agar tidak tertular, sebaiknya anggota keluarga yang sehat menjaga daya tahan tubuhnya agar tidak mudah sakit. yaitu dengan memperhatikan nutrisi seperti mengkonsumsi banyak makanan berserat dan juga vitamin akan kekebalan tubuhnya kuat, sehingga tidak mudah terserang virus.


5.Selalu jaga kebersihan tempat

Rumah yang bersih tentu akan menghasilkan udara yang bersih juga dan terbebas dari virus yang terbawa melalui udara.

0 comments

Posting Komentar